Kelebihan Emas Sebagai Media Investasi

Kelebihan Emas Sebagai Media Investasi

1. Perlindungan nilai aset

Bila inflasi tinggi, harga emas akan melambung tinggi. Semakin tinggi inflasi, semakin membumbung pula harga emas. Begitu pula dengan nilai kurs dolar. Jika kurs dolar naik, harga emasjuga akan naik.

2. Sarana menabung paling efektif

Harga emas berkembang mengikuti kenaikan inflasi. Oleh karena itu, emas aman digunakan untuk sarana menabung. Coba bandingkan dengan asuransi. Begini, pada 1990 lalu, saya membeli asuransi pendidikan dengan nilai tebus Rp75 juta pada 25 tahun kemudian (2015). Pembayaran preminya saya bayar di muka (top-up premi tunggal) sekitar Rp25 juta.

Kira-kira 25 tahun kemudian, tahun 2015, saya akan dapat nilai tebus asuransi sekitar Rp175 juta. Wah, kira­kira cukup atau tidak, ya, bayar sekolah anak untuk masuk universitas ternama? Jawabnya, tidak akan cukup.

Seandainya saat itu uang Rp25 juta tersebut saya belikan emas, mungkin ceritanya akan berbeda. Harga emas pada 1990 sekitar Rp20.000-Rp25.000 per gram. Akhir 2009 saja, sudah bernilai Rp350juta lebih. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana nanti di tahun 2015. Selain bisa memasukkan anak ke universitas ternama, kita bahkan bisa membelikannya mobil.

3. Emas mudah dibeli dan sangat praktis

Emas dikatakan praktis karena dapat dibeli kapan saja clan di mana saja. Emas juga mudah dijual karena dapat diterima di belahan dunia mana pun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s