Memanen Kebun Emas

Kapan saat yang tepat untuk memanen Kebun Emas? Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, perlu ditekankan bahwa Kebun Emas bukanlah bisnis. Kebun Emas adalah salah satu cara untuk berinvestasi dan menjaga nilai aset atau tabungan kita dari hasil kerja saat ini, untuk kita gunakan di kemudian hari. Jika ingin mencari keuntungan sebesar­besarnya, Anda tetap harus melakukan bisnis.

Saya pribadi hanya memanen Kebun Emas untuk tiga alasan.

1. Butuh uang cepat

Artinya, ada sesuatu yang harus dibayar segera dan tidak ada pilihan Iain.Terutama yang berkaitan dengan masalah bisnis. 2. Tujuan sudah tercapai

Misalnya, Anda berinvestasi untuk membiayai pendidikan anak atau untuk naik haji. Begitu tujuan tersebut sudah tercapai, Anda bisa memanen Kebun Emas.

3. Ada kesempatan untuk mengonversi investasi ke dalam bentuk lain, seperti saham atau properti

Contohnya pada 2008, saya membongkar sebagian Kebun Emas saya dan masuk ke bursa. Kenapa? Karena, saat itu bursa sedang dalam titik terendah. Saya langsung memanfaatkan Kebun Emas untuk membeli saham Bumi Resort. Harga saham Bumi Resort saat itu sekitar Rp700-Rp800/lembar.

Jadi, walaupun kenaikan emas saat ini sangat menggiur­kan, saya tidak pernah tertarik untuk membongkar Kebun Emas saya, kecuali ada salah satu dari tiga alasan tadi. Tapi ini hanyalah sebuah pilihan. Jika Anda lebih memilih untuk menjual emas begitu harganya naik, ya sah-sah saja.

Pada saat Anda ingin memanen Kebun Emas, juallah emas terakhiryang ada di tangan Anda. Hasil penjualan itu bisa Anda gunakan untuk menebus emas yang ada di bank. Ingat, pada prinsipnya, ketika emas naik, utang kita tidak bertambah.

Begitu pun selanjutnya, emas yang ditebus dari bank itu bisa Anda jual kembali untuk menebus emas berikutnya. Langkah ini bisa Anda lakukan sampai Anda merasa puas dengan uang yang sudah Anda dapatkan, atau bahkan sampai emas Anda habis.

Misalkan harga emas yang ada di tangan Anda mengalami kenaikan menjadi Rp4.250.000. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah ini bisa Anda lakukan sampai Anda merasa cukup, atau sampai emas Anda habis.

Bagaimana? Metode Kebun Emas cukup sederhana, bukan? Meskipun bisa dipraktikkan siapa saja, metode ini bukan tanpa risiko. Seperti jenis investasi lain, investasi emas juga ada peluang risikonya. Ini terkait dengan pengetahuan investor emas terhadap perkembangan pasar. Jika salah perhitungan, yang ada bukan untung, tetapi malah buntung.

Untuk itu, para investor harus rajin mengamati per­kembangan pasar emas melalui berita di televisi atau surat kabar. Seri ng-seringlah membuka situs http://www.kitco.com yang menyajikan informasi lengkap mengenai pergerakan harga emas. Hal ini sangat berguna sebagai bahan prediksi ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s