Seluk-Beluk Emas

Emas dalam bahasa Inggris disebut “gold” : Kata ini merupakan serapan dari bahasa Jerman Kuno, yaitu “ghel” yang berarti ‘bersinar’ atau ‘kuning: Secara kimiawi, emas adalah unsur kimia dengan simbol Au, dari bahasa latin “Aurum” yang artinya ‘cahaya fajar: Emas mempunyai nomor atom 79. Kode ISO-nya adalah XAU. Emas telah digali clan dicari untuk dijadikan koin, perhiasan, clan benda seni lain sejak awal sejarah manusia.

Emas adalah logam yang padat, lembut, mengilat, clan juga logam yang paling lentur di antara logam mulia lainnya. Emas murni memiliki warna kuning cerah clan berkilau sehingga dianggap sangat menarik. Sifat emas tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia lain yang menjadikannya sebagai bahan mulia, walaupun masih bereaksi terhadap klorin, florin, clan aqua regia. Satu gram emas dapat dipukul menjadi beberapa lembaran selebar 1 meter persegi, atau satu ons menjadi lembaran selebar 300 meter persegi.

Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengon­sentrasian di permukaan bumi clan dapat melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1.000 derajat Celcius. Emas dapat dipukul cukup tipis hingga menjadi transparan. Kekerasannya berkisar 2,5 sampai 3 (skala Mohs).

Selain itu, emas dapat memantulkan cahaya inframerah sehingga emas berguna sebagai perisai inframerah clan membuat baju tahan panas yang kemudian diaplikasikan pada baju luar angkasa para astronot. Sifat alamiah emas inilah yang menyebabkan nilai atau harga emas menjadi amat bernilai.

Selain itu, sepanjang sejarah peradaban manusia, emas telah identik dengan simbol kekayaan clan kemewahan. Dalam masa modern pun emas tetap memiliki nilai mulia karena sifat teknisnya yang tidak mudah teroksidasi clan kernampuannya dalam mengantarkan listrik. Selanjutnya, saya akan menjelas­kan tentang satuan clan istilah yang melekat pada emas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s