Aneka Pilihan Investasi Emas dan Logam Berharga

Kemilau si kuning emas memang sudah familiar bagi masyarakat kita. Masyarakat telah memahami fungsi emas sebagai perhias­an, barang koteksi yang dapat meningkatkan prestise pemiliknya, maupun sebagai sarana investasi. Mereka membeti perhiasan emas untuk dipakai, disimpan, serta dijual lagi ketika butuh uang tunai. Bagi sebagian orang, kekayaan berupa emas bahkan menunjukkan status sosial mereka. Semakin banyak kekayaan mereka yang tersim­pan dalam wujud emas, semakin tinggi pula status sosial mereka.

Emas tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari batang­an atau lantakan, koin emas dan emas perhiasan. Tapi sampai detik ini, perhiasan emas adalah favorit masyarakat awam. Padahal, selain berbentuk perhiasan, kita juga bisa berinvestasi pada bentuk emas batangan/lantakan, koin emas, bahkan perangko.

Selain memiliki bentuk fisik emas, kita juga bisa berinvestasi pada produk derivatifnya. Yaitu dengan membeli berbagai kontrak emas di bursa berjangka. Namun, investasi di bursa berjangka mem butuhkan pengetahuan yang cukup dan modal yang besar. Risikonya juga sangat tinggi. Lagipula, tidak semua orang memiliki akses ke bursa berjangka. Investasi dengan cara ini hanya cocok bagi mereka yang sudah profesional.

Selain emas, kita juga bisa berinvestasi dalam bentuk logam berharga tainnya, yang pergerakan harganya mengikuti emas. Misal­nya berlian, permata, platinum (emas putih), dan perak. Logam berharga itu pergerakan harganya cenderung mengikuti emas. Dari sekian jenis investasi emas dan logam berharga lainnya, sebaiknya kita paham betul untung-ruginya sebetum memutuskan untuk mem­beli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s