Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Naik-Turunnya Harga Emas

Harga saham di Indonesia pada tahun 2008 anjlok 60-an persen dalam beberapa bulan. Investor kehilangan sebagian besar ke­kayaannya. Ada yang merugi jutaan rupiah, tak jarang yang kehi­langan nilai saham hingga miliaran rupiah. Memang, itu hanya kerugian di atas kertas. Tapi untuk mencapai angka kapitalisasi pasar seperti sebelum krisis, diperlukan waktu bertahun-tahun. Berarti, ada momentum yang hilang. Padahal, di saat-saat tersebut, inflasi justru terdongkrak tinggi. Dengan demikian investor saham meng­alami kerugian dua kali; harga sahamnya terkoreksi tajam, dan ter­gerus inflasi tinggi.

Harga emas tak pernah anjlok sampai 60 persen. Justru pada saat harga saham anjlok, harga emas menunjukkan gejala kenaikan. Mengapa? Sebab para investor mencari save heaven yang bisa me nyelamatkan nilai kekayaannya. Kalau pasar saham hancur, bunga deposito tak mungkin di atas inflasi, dan dolarAS terlanda spekulasi­maka emas adalah satu-satunya pitihan yang masuk akal.

Di pasar emas dunia, harga dinyatakan dalam dolarAS per troy ounce. Satu troy ounce setara dengan 31,103 gram emas murni. Jadi jikaAnda ingin mengonversi harga emas dalam dalam mata uang rupiah per gram, harga dalam dolar AS per ons dibagi 31,103 dikali nilai kurs rupiah terhadap dolar AS pada saat itu (Mohamad Ihsan Palaloi, dkk., 2006: hlm. 71).

Yang terpenting bagi kita adalah mema­hami faktor-faktor yang menyebabkan naik­turunnya harga emas. Faktor-faktor itu memang cukup kompleks, mencakup pemahaman 5ecara makroekonomi clan politik. Namun itu bukan berarti sulit dipahami. Dengan rajin mendengarkan berita ekonomi potitik saja, kita bisa menebak apakah harga emas akan naik atau turun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s