Sampai-Sampai Beli Emas pun Dilarang

Pada pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 1933, terpilihlah Franklin D. Roosevelt. Dia salah seorang presiden terbesar sepanjang sejarah AS. Dia memulihkan ekonomi AS dari krisis, dan membawa Sekutu memenangkan Perang Dunia II.

Setelah terpilih jadi presiden, Roosevelt segera mengambil tin­dakan. Dia menghapuskan larangan produksi dan perdagangan mi­numan keras. Kebijakan ini bertujuan untuk merangsang pertum buhan ekonomi secepat mungkin. Yang lebih penting, Roosevelt melepaskan kurs dolar dari harga emas internasional. Harga emas terus membubung. Sehingga kalau dolar dikaitkan dengan harga emas, harga-harga kebutuhan pokok akan ikut melambung tak terkendali. Kebijakan ini membuatAmerika lebih mampu mengendalikan dolar­nya.

Yang menarik, Roosevelt membekukan ekspor emas dan mela­rang (untuk sementara) warga Amerika menukarkan uang dolarnya dengan emas. Meski demikian, emas tetap dijadikan satu-satunya komoditi yang dipakai sebagai alat penyelesaian clearing imbalance antar bank sentral. Larangan membeli emas ini akhirnya mendorong uang mengalir ke Wall Street. Berarti, roda bisnis kembali berjalan seperti biasa.

Seperti Roosevelt, pemerintah di banyak negara pernah menga­tur perdagangan emas dalam regulasi yang ketat. Sekarang, semua dibiarkan naik atau turun di pasar bebas. Regulasi yang ada hanyalah pengenaan pajak di beberapa negara-yang dinilai menghambat perdagangan emas. Pembelian uang logam emas di Inggris dikenakan tarif VAT (value added tax) 17,5 persen. Karena alasan inilah emas biasanya dibeli dan dijual di tempat-tempat terlindung di luar negeri (seperti Kepulauan Channel).

Uang, aset, atau kapital memang ibarat air-selalu bisa men­cari celah manakala ada orang yang membendungnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s