Emas Sangat Menjanjikan Sebagai Sarana Investasi Jangka Panjang

Emas menarik karena keindahannya, prestisenya, serta daya tahannya menghadapi inflasi. Kemampuannya memberi keuntungan bagi pemiliknya juga tidak kalah dibandingkan instrumen investasi yang lain. Sayangnya, sudah sekian lama emas tereduksi hanya sebagai perhiasan (jewelry) atau barang koleksi semata. Padahal emas pun sangat menjanjikan sebagai sarana investasi jangka panjang.

Harga emas memang sudah tinggi. Mungkin muncul keraguan, apakah ini saat yang tepat untuk membeti? Ada pendapat yang mengatakan, tunggu dulu harga terkoreksi. Belilah pada saat harga cukup rendah. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa untuk jangka panjang, tidak ada harga yang terlalu mahal. Kalau harga emas dunia masih di bawah US$ 1.000 per troy ounce, itu sudah tergolong murah. Sebab harga aktualnya sudah mendekati US$ 2.000.

Pendapat itu ada benarnya. Sebab, ada kemungkinan krisis akan terjadi dalam jangka panjang. Kalau pun perekonomian kembali normal, tidak ada jaminan bebas selamanya dari ancaman krisis dan inflasi.

Karena krisis masih terus akan terjadi dalam perekonomian (baik global maupun lokat), maka memiliki cadangan emas tentu semakin terasa penting. Motifnya sudah bukan lagi hedging, melainkan juga mengembangbiakkan nilai aset. Bukan hanya berjaga-jaga, tetapi juga mencari laba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s