Pilihan Ideal Sesuai Bujet

Di Indonesia umumnya terdapat tiga macam produk emas, yaitu perhiasan, koin, dan batangan. Kita bisa memilih dari tiga alternatif itu berdasarkan tujuan serta uang yang ada di tangan. Sebaiknya, uang yang digunakan untuk membeli emas adalah:
(a) dana menganggur (idle money) yang benar-benar berfungsi sebagai cadangan; atau
(b) sebagian dari penghasilan rutin yang memang dialokasikan untuk menabung.

Perhiasan adalah favorit ibu-ibu rumah tangga. Seringkali mereka menyisihkan uang untuk membeli beberapa gram perhiasan emas untuk dipakai dan disimpan. Ini adalah cara menabung tradisi onat yang terbukti lebih menguntungkan daripada menabung di bank. Keuntungan lainnya, emas itu memberikan nilai guna (utilitas) pada saat dipakai sebagai perhiasan.

Tidaklah salah berinvestasi pada emas perhiasan. Tapi, biaya per gramnya lebih mahal. Jika kita memilih membeli perhiasan emas, berarti kita harus membayar harga emas tersebut plus ongkos pembuatannya. Apabila biaya pembuatan sangat tinggi, tentu saja kita harus menanggung kerugian bila kita menjualnya saat harga emas belum naik tajam. Solusinya adalah memitih model perhiasan yang biaya pembuatannya relatif murah. Mungkin model-model yang sederhana dan minimalis, atau model-model yang diperkirakan tidak akan usang bertahun-tahun mendatang.

Berbeda dengan emas batangan, emas perhiasan mempunyai banyak fungsi sekaligus. Selain sebagai alat tabungan/investasi, perhiasan emas juga bisa mempercantik penampilan plus mendongkrak prestise.

Para pengamat dan penasihat keuangan tidak menyarankan kita membeli perhiasan emas sebagai investasi. Emas batangan atau koin emas adalah produk yang menjanjikan. Keduanya relatif mudah untuk dijualbelikan. Risiko kehilangan emas batangan juga lebih kecil dibandingkan emas perhiasan yang dipakai saban hari. Kita bisa membeli emas batangan dari ukuran kecil (25 gram) sampai terberat (12 kilogram).

Jika memiliki bujet leluasa, emas batangan cocok dijadikan wahana investasi. Emas batangan tidak sulit disimpan, dan tidak mudah hilang. Selain itu, menjualnya kembali sangatlah gampang.

Tentu saja, mengoleksi emas batangan memerlukan dana besar. Jika bujet yang ada hanya terbatas, membeli koin emas adalah komprominya. Koin emas bisa diperoleh di toko-toko emas tertentu. Ada yang beratnya cuma 1 gram, sehingga modal yang diperlukan lebih sedikit. Sebagai investasi, koin emas biasanya lebih menguntungkan daripada perhiasan. Koin emas juga cocok dijadikan sebagai sarana menabung sedikit demi sedikit.

Entah bujet kecil atau besar, pilihlah emas yang kadarnya tinggi. Minimal 22 karat, atau sebaiknya memang 24 karat. Emas murni 24 karat jauh lebih mudah dijual daripada emas muda yang kadarnya cuma 18 karat. Faktor kemudahan menjual dan nilai jual kembali (resole value) hendaknya menjadi pertimbangan penting bagi keputusan investasi apa pun, termasuk emas dan logam berharga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s