Tips Merawat Perhiasan Emas

Sebagai jewelry, tentunya emas perhiasan yang sering dipakai. Entah untuk keperluan sehari-hari, atau untuk penampilan di acara resmi. Karena sering dipakai, ada beberapa macam risiko yang dapat merusak kualitas dan harga emas. Tentu saja, risiko-risiko itu dapat diantisipasi.

Emas perhiasan sering menjadi sasaran pencopetan atau penjambretan. Betakangan ini, banyak juga aksi penipuan dan hipnotis yang menyasar kaum ibu yang menggunakan perhiasan emas. Oleh karena itu, sikap waspada diperlukan setiap kali kita mengenakan perhiasan emas di tempat umum.

Selain waspada terhadap tindak kriminalitas, diperlukan juga tips-tips merawat perhiasan emas agar tidak rusak dan pudar warnanya. Perhiasan emas yang warnanya pudar jelas akan berkurang harga jualnya. Berikut ini beberapa tips merawat perhiasan emas (Mohamad Ihsan Palaloi dkk, 2006: hlm. 138):

  1. Lepaskan perhiasan pada saat berolahraga. Terutama ketika berenang, karena zat chlorine yang ada pada air kolam akan mengubah warna perhiasan.
  2. Lepaskanlah perhiasan pada saat memasak. Bumbu masakan yang digunakan akan membentuk lapisan pada perhiasan, dan sukar dihilangkan.
  3. Lepaskanlah perhiasan pada saat melakukan berbagai aktivitas luar ruang (outdoor), seperti berkebun, mengganti oli, memanjat pohon, dan lain-lain.
  4. Pemakaian lotion, sunscreen, hairspray, atau parfum juga dapat memudarkan warna perhiasan. Jadi, sebaiknya hindari dan lepaskan perhiasan ketika hendak mengoleskan bahan-bahan tersebut.
  5. Apabila melihat noda dalam perhiasan, maka langkah yang harus dilakukan adalah mencucinya dan merendam dalam larutan air sabun minimal satu malam.

Emas berbentuk lantakan atau batangan tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup ditaruh di suatu tempat, di brankas atau safety deposit box. Tapi perlu diperhatikan, agar tidak menyimpan fisik % emas datam satu tempat yang sama dengan sertifikatnya. Usahakan disimpan di tempat terpisah untuk menghindari kehilangan dua-duanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s